Pemasaran viral
Pemasaran Viral (bahasa
Inggris: Viral Marketing) adalah strategi dan proses penyebaran pesan
elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk
kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral
berkembang melalui jaringan internet,
yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus
komputer.Pemasaran Viral
memerlukan koneksi jaringan Internet dalam
penggunaannya.
Profesor Andreas Kaplan dan Michael Haenlein menyatakan
bahwa untuk suksesnya sebuah pemasaran viral harus memenuhi 3 kriteria sebagai
berikut:
1.
Media dan
orang yang bertindak untuk menyampaikan pesan yang sedang dikampanyekan. Orang
ini harus mempunyai jaringan sosial yang cukup luas dan dipercaya dan media
yang gampang diakses oleh semua orang.
2.
Pesan atau
ajakan yang akan dikampanyekan yang mudah diingat dan menggugah orang untuk
mengikutinya.
3.
Lingkungan
yang mendukung dan waktu yang tepat untuk melancarkan program viral marketing.
Penerapan
Pemasaran Viral menyebarkan informasi dengan cara memanfaatkan database pengguna Internet yang telah terdaftar dan digunakan
secara massal. Contoh yang dapat diambil adalah situs web surat elektronik
gratis seperti Yahoo!,
Hotmail, dan Google Mail, yang selain
memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk
bersamaan dengan layanan email tersebut.
Contoh lainnya adalah
penyebaran informasi / pemasaran viral melalui penyebaran e-book gratis, akan
tetapi menyelipkan beberapa link bisnis di dalamnya.
Pemasaran viral
adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran
produk yang dipasarkan, dengan melihat tingginya animo masyarakat yang selalu
terhubung koneksi internet untuk mengakses fitur-fitur gratis (yang sebenarnya
telah diselipkan berbagai macam link yang menjadi terapan dari pemasaran
viral). Ide kreatifsangat
diperlukan dalam jenis pemasaran ini karena masyarakat pengguna internet cukup
kritis dalam memilah informasi mana yang murni sebagai informasi dan mana yang
merupakan strategi bisnis.
0 comments:
Post a Comment